Selasa, 27 Mei 2014

Resep Kue Lezat - Lapis Legit

Bahan – bahan:

- margarin, 200 gram
- susu kental manis, 2 1/2 sendok makan
- susu bubuk, 40 gram
- telur, 8 butir
- gula pasir, 200 gram
- emulsifier (tbm/ sp), 1 sendok makan
- tepung terigu protein sedang, 200 gram
- baking powder, 1/2 sendok teh
- esens vanilla, 1/2 sendok teh
- makan cokelat bubuk, 1/2 sendok
- bumbu spekuk, 1 sendok makan


Cara Membuat:

- Campur cokelat bubuk dan bumbu spekuk, aduk rata. Sisihkan untuk menjadi taburan.
-Siapkan mixer untuk mengocok, lalu kocok margarin dengan kecepatan tinggi hingga margarin lembut benar. Tuangkan susu kental manis dan kembali dikocok hingga rata, sisihkan.
- Ayak tepung terigu, baking powder dan susu bubuk, sisihkan.
- dalam wadah terpisah, kocok dengan kecepatan tinggi campuran gula pasir, emulsifier, dan telur hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu, baking powder dan susu bubuk yang sudah diayak perlahan – lahan dan aduk dengan spatula hingga rata, lalu campurkan esens vanilla ke dalamnya. Aduk kembali hingga rata.
- Tuangkan campuran tersebut ke campuran mentega dan susu kental manis yang tadi sejak awal dibuat dengan pelan – pelan sedikit demi sedikit.
- kemudian, ratakan 75 gram adonan tersebut di Loyang. Pilih Loyang berukuran 20 x 20 x 7 cm. Jangan lupa untuk mengalasi Loyang dengan kertas roti. Anda tidak perlu mengolesi Loyang dengan margarin, namun cukup ayak terigu tipis saja di atas kertas roti tersebut dan juga ayak taburan bubuk cokelat dan bumbu spekuk di atas adonan yang sudah diratakan.
- Ambil Loyang berisi sedikit adonan tersebut untuk dikukus di atas api sedang sekitar 5 menit. Setelah lima menit, ambil Loyang dan tuang kembali adonan sebanyak 75 gram. Ayak kembali dengan campuran cokelat dan bumbu spekuk. Kukus kembali sekitar 5 menit.
- lakukan hal tersebut terus menerus secara berulang hingga adonan bolu kukus habis.
- ketika sampai di tuangan adonan yang terakhir, Anda perlu mengukusnya lebih lama, yakni sekitar 10 menit.

Itu lah resep kue lapis yang legit, enak, lezat, nikmat, dan manis yang bisa Anda lakukan tanpa oven, cukup menggunakan kukusan dan kompor saja. Sangat praktis bukan? Jika suka, Anda bisa menambahkan essens pandan atau pun essens buah agar kue lapis yang Anda buat memiliki warna dan wangi pandan dan buah.

Resep kue lapis ini bisa dikreasikan menjadi resep kue lapis rainbow. Cukup pisahkan setiap 75 gram bahan adonan, dan berikan zat pewarna dari essens buah yang berbeda – beda sesuai selera. Misalnya, melon untuk warna hijau, strawberry untuk warna merah, nanas untuk warna kuning.

0 komentar:

Posting Komentar